Pengertian Sound System

Selasa, Januari 2nd 2018. | Artikel Sound system

A. Pengertian sound system

Sound System adalah sistem perangkat elektronik untuk mengolah sinyal suara dan meningkatkan level suara sehingga terjadi kelipatan Gain suara yang kemudian diterjemahkan atau disalurkan ke bagian Loudspeaker sehingga terdengar kembali oleh telinga dengan kekuatan suara yang telah meningkat.
Sinyal suara bisa berasal dari satu atau lebih sumber bunyi yang tercampur dalam satu perangkat pengeras bunyi. Sinyal suara ini bisa diatur tingkatan bunyinya menurut kapasitas ruang dan audience sehingga informasi bunyi tersebut bisa ditangkap oleh telinga.

B. Prinsip Kerja Sound system

Pengenalan prinsip kerja sound system dalam hal ini terjadinya proses penguatan sinyal suara pada sound system terdiri dari beberapa fase tingkatan kerja.

Pergerakan input sinyal hingga sampai ke pendengar terdiri dari tautan rantai sinyal pada sound system, yaitu;

  • Penentuan Source atau sumber bunyi
  • Input Transducer ( penangkap sumber bunyi )
  • Pengolah Utama sinyal audio ( Audio Signal Processing )
  • Alat proses tambahan ( Equalizer, Kompressor, Crossover/speaker management, Audio Distributor, Sound FX, Dll )
  • Output Transducer ( Loudspeaker , bisa yang aktive maupun pasive, dan Horn drive )

Penggunaan perangkat sound system ini banyak ditemui dimana saja, salah satunya mungkin ada di rumah anda, di fasilitas tempat ibadah, di mall, di lapangan terbuka saat ada event tertentu dan lainnya.
Mungkin anda sering ke tempat hiburan keluarga berupa Karaoke. Di dalamnya sudah terdapat fasilitas Audio yang meliputi Microphone, Mixer, Equalizer, Big Power Amplifier dan 3 way Speaker System.

tags: ,