Pengertian Web Hosting

Rabu, Januari 10th 2018. | Artikel SEO dan Website

I. Pengertian Web Hosting

Web Hosting adalah meletakkan data situs web anda pada sebuah server yang terkoneksi dengan jaringan internet yang selanjutnya akan membuat situs web anda bisa di akses di internet.

Web Hosting hanya untuk menempatkan data situs web di sebuah server, dan belum bisa di akses oleh pengguna internet. Supaya situs web anda bisa di akses dengan alamat tertentu, anda harus memiliki Nama Domain. Pembahasan tentang Domain nanti kita bahas di Bab lain.

II. Memilih Web Hosting

Supaya situs web anda dikunjungi dari segala penjuru dunia, maka harus di letakkan ke web hosting server yang tersambung ke internet 24 jam setiap hari.

Komputer atau server tersebut dapat berupa komputer di rumah, kantor atau di service web hosting yang banyak bertaburan di Internet. Dan apapun yang Anda pilih, selalu ada sisi lebih dan sisi kurang yang harus dipertimbangkan baik-baik.

Saat ini ada banyak perusahaan yang menyediakan tempat gratis untuk menempatkan situs web Anda misalnya Portland, Geocities, Tripod dll. Persoalannya sekarang adalah: Anda harus memilih yang mana? Yang gratis atau yang bayar? Apakah harus memilih tempat yang gratis tersebut atau menyewa tempat di suatu perusahaan web hosting?

Semua pilihan akhirnya kembali harus Anda yang memutuskan. Sebagai satu pertimbangan terpenting adalah seberapa serius Anda membuat situs web tersebut. Jika hanya main-main, mencoba-coba membuat situs web sederhana tentu hosting yang gratis harus Anda jadikan pilihan. Tetapi jika Anda ingin serius membangun sebuah situs web dengan berbagai macam aplikasi dan kebutuhan-kebutuhan yang tidak tersedia oleh layanan web hosting yang gratis maka yang Anda harus pilih adalah jasa web hosting dan web design profesional.

Web Hosting Gratis

Jika Anda ingin membuat sebuah web pages yang kecil dan sangat sederhana serta tidak memerlukan nama domain khusus, sebaiknya pilih yang gratis saja, terutama untuk para pemula yang baru bisa membuat situs web dan ingin mencoba menampilkan situs webnya di Internet lebih baik memilih alternatif ini.

Saat ini banyak situs-situs yang menyediakan layanan hosting gratis dan sebagian besar penyedia jasa layanan tersebut berada di luar negeri.

Secara umum langkah-langkah untuk memperoleh layanan gratis tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pilih penyedia layanan (lycos, express page ataupun yang lainnya).
  2. Melakukan proses registrasi.Seperti halnya Anda melakukan proses registrasi untuk mendapatkan email gratis (misalkan di yahoo, plasa, telkomnet dan lain sebagainya), untuk mendapatkan fasilitas hosting gratis pun demikian.Setelah proses registrasi selesai dilakukan, Anda akan mendapatkan sebuah account beserta password untuk login ke hosting server.
  3. Manfaatkan layanan yang tersedia. Kenali dan pahami terlebih dahulu fasilitas-fasilitas yang tersedia, pada umumnya tersedia file manager untuk mengatur data situs web kita, lalu ada semacam web template dimana Anda tidak perlu membuat situs web, hanya tinggal mengisi data dan mengatur menunya saja, dan fasilitas-fasilitas lainnya yang disediakan oleh masing-masing penyedia layanan

Silahkan Anda mencoba-coba fasilitas hosting gratis yang banyak ditawarkan di Internet.

Web Hosting Profesional

Sekarang kita akan membahas mengenai web hosting yang tidak gratis (komersial). “Mengapa sih kita perlu menyewa web hosting ? kenapa ngga pake yang gratisan aja ?” Tentu itulah yang menjadi pertanyaan pada saat Anda ingin memiliki sebuah hosting untuk situs web Anda. Tentu Anda sekarang sudah mengerti setelah sebelumnya dijelaskan mengenai tabel perbandingan penyedia layanan web hosting server antara yang gratis dan tidak gratis, bisa kita rasakan perlunya akan sebuah web hosting yang profesional dan mampu memenuhi kebutuhan situs web kita.

Sekarang tanyakan pada diri Anda, apakah Anda sudah cukup puas dengan layanan hosting gratis yang banyak bertebaran di Internet ?

Faktor yang harus Anda perhatikan ketika Anda ingin memilih sebuah web hosting adalah

  1. Keamanan data

Anda harus bisa memilih penyedia layanan web hosting yang benar-benar bisa menjamin keamanan data situs web milik Anda. Tanyakan pada web hosting yang Anda pilih, apakah perusahaannya membuat backup secara teratur untuk data-data situs web yang dikelolanya.

2. Fasilitas Web Hosting

Situs web Anda pasti mempunyai kebutuhan-kebutuhan seperti kapasitas space, akses database dan lain sebagainya. Pastikan Anda memilih penyedia layanan web hosting yang mampu memenuhi kebutuhan situs web Anda.

3. Customer Service

Pilihlah web hosting yang mempunyai pelayanan terbaik dari sisi customer care. Adakah helpdesk/customer service yang siap membantu Anda bila sewaktu-waktu ada permasalahan ?
Perlu diketahui bahwa tidak ada situs web yang tidak bermasalah, seperti contoh kasus dimana Anda tidak bisa meng-update isi, situs tidak bisa di akses, dan yang paling parah adalah situs Anda di hack orang. Jika salah satu contoh diatas terjadi, yang harus Anda lakukan adalah menghubungi bagian customer service.

4. Kecepatan Akses

Hati-hati, banyak perusahaan yang menawarkan kecepatan akses dengan harga murah! Lebih baik Anda memilih web hosting yang benar-benar telah teruji kecepatan aksesnya dan kehandalan servernya. Jangan mudah tergiur dengan murahnya harga.

 Harus Anda ketahui, apakah web hosting tersebut bisa diakses dengan cepat baik dari dalam maupun luar negeri, dan Anda perlu ingat, siapakah target pengunjung situs web Anda. Bila lambat diakses dari dalam negeri sementara target pengunjung situs web Anda adalah orang indonesia, tentunya sia-sia Anda mempunyai situs web karena orang cenderung malas membukanya.